Sunday, November 02, 2008

Apakah logo anda berfungsi?: Tes Sederhana

Kecuali anda memang berniat untuk menghambur-hamburkan uang dan sumber daya, memeriksa dampak dari sebuah logo yang anda miliki adalah sesuatu yang penting. Berikut cara super hemat dan sangat sederhana yang pernah saya lakukan.
  1. Cetaklah logo anda menjadi sticker dalam jumlah yang banyak. Anda bisa pakai printer rumahan yang anda punya untuk mencetak logo anda di kertas label sticker, anda bisa meluangkan waktu untuk memesan cutting sticker bila anda mau. Sesuaikan ukuran logo dengan bidang sticker, dan cetaklah dengan berbagai ukuran.
  2. Letakkan sticker-sticker yang sudah dicetak di tempat yang dilalui oleh staff anda. Bila perlu, letakkan kertas bertuliskan, "Silahkan ambil semaumu. Gratis, tis, tis"
  3. Perhatikan.
Anda akan terkejut melihat bagaimana -bahkan tanpa kertas bertulisan pun- staff anda akan mengambil dan menempelkan sticker tersebut di properti yang mereka miliki. Bila ini yang terjadi. Selamat!, logo anda telah dirasa 'penting', patut dibanggakan oleh staff anda, dan pastinya; berfungsi. Bila bukan ini yang terjadi, waspadalah. Barangkali staff anda adalah orang-orang yang gak pedulian, barangkali brand anda tidak mempunyai imej dan nilai yang cukup kuat untuk dibanggakan, atau bahkan bisa jadi logo anda memang tidak bekerja. Mudah-mudahan tidak begitu. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment